PURWOKERTO’s LANDMARK

Sebagai kota administratif untuk kabupaten Banyumas, maka wajar saja jika kota ini lebih berkembang dari wilayah lain di kabupaten Banyumas.

Sebagai warga Kabupaten Banyumas yang sudah sepuluh tahun menetap di Purwokerto, saya cukup memahami landmark-land mark Purwokerto yang melekat pada ingatan warga Banyumas.

Komplek kantor Bupati dan DPRD Tingkat II Kabupaten Banyumas

may-day-0131

Komplek tersebut terletak di sebelah utara alun-alun Purwokerto, didalam komplek kantor ini juga terdapat bangunan bersejarah yaitu pendopo Sipanji, yang merupakan salah satu icon Kabupaten ini. Walaupun sering jadi tujuan utama untuk menyuarakan isi hati rakyat ketika mereka sedang melakukan demonstrasi.

Stasiun Kereta Api Purwokerto

4-mei-2009-030

Jika anda mengadakan perjalanan ke wilayah Eks Karisidenan Banyumas, dengan menggunakan Kereta Api, maka Stasiun Besar Kereta Api Purwokerto adalah tempat pemberhentian yang utama bagi anda. Kecuali anda dari daerah Bandung ke Purwokerto naik kereta api, maka stasiun Kroya dapat menjadi tujuan anda. Tetapi perlu diingat bahwa stasiun Kroya jaraknya cukup jauh dari Purwokerto, lebih kurang 45 menit menggunakan kendaraan umum – mikro bus, jurusan kroya – banyumas – purwokerto.

Terminal Bus Purwokerto

4-mei-2009-011

Terminal bus Purwokerto terletak di sebelah selatan kota ini, tepatnya dekat dengan sebuah daerah yang diberi nama Desa Teluk. Terminal bus Purwokerto adalah sebuah terminal transit kedaerah jawa tengah yang lain, terminal Purwokerto termasuk katagori terminal transit yang cukup besar di jawa tengah bagian selatan – barat. Dan hampir tidak pernah tertidur, selalu ada bus yang datang dan pergi setiap jamnya.

Rumah Sakit Margono Soekarjo

picture-007

Rumah sakit yang terletak berhadapan langsung dengan gerbang kotatib yang dari arah timur. Rumah Sakit Margono saat ini merupakan rumah sakit pendidikan, dimana mahasiswa fakultas kedokteran umum dan mahasiswa fakultas kedokteran gigi Universitas Jendral Sudirman [UNSOED] dibina di sini.

Museum BRI

2-mei-2009-0042

Museum BRI terletak sangat dekat dengan stasiun besar Purwokerto, yaitu di sebelah timurnya, tepatnya di jalan Bank pada pintu masuk timur, dan di jalan Sudirman pada pintu masuk sebelah selatan.

Kantor Pos Besar Purwokerto

4-mei-2009-018

Anda akan melihat dimana kantor pos besar Purokerto salah satu elemen penting bagi penyambung komunikasi anatar warga banyumas, baik di luar negeri maupun di dalam negeri, dan di kotamanapun mereka berada. Saat ini Kantor Pos Purwokerto memberikan sebuah layanan yang menarik, yaitu membuat sebuah wall anouncement guna menyediakan informasi lowongan kerja yang up to date dan yang jelas terpercaya.

MORO – MOdal ROmbongan

4-mei-2009-016

Moro adalah pusat Grosir yang terkemuka di Eks. Karisidenan Banyumas, banyak pembeli dari kabpaten sekitar banyumas, melakukan pembelanjaan besar disini.

Pasar Wage

6 mei 2009 006

Sebuah Pasar yang unik, dan perlu anda ketahui umur pasar ini sudah diatas seratus tahun, dan lokasinya tidak pernah berpindah, hanya perbaikan dan peremajaan bangunan saja. Perputaran uang disini termasuk yang paling besar di eks. Karisidenan Banyumas.

Universitas Jendral Sudirman – UNSOED

4-mei-2009-046

Universitas paling terkemuka dan favorit di area Eks. Karisidenan Banyumas, Kedu, bahkan banyak mahasiswa yang berasal dari Jawa Barat dan DKI Jakarta. Beberapa Fakultas yang terhitung baru juga sudah di buka di Universitas Jendral Sudirman ini, seperti Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi.

Sekolah Polisi Negara – SPN

4-mei-2009-057

Beruntung sekali warga Banyumas mendapat kehormatan untuk menjadi salah satu daerah, yang dipercaya untuk melakukan pembinaan kepada calon-calon polisi masa depan.

Bundaran Terminal Lama

4-mei-2009-0121

Tempat yang sangat dikenal, sebagai pangkalan “bayang” angkot, terbesar di Purwokerto. Di bundaran ini anda akan melihat sebuah patung yang menggambarkan semangat untuk belajar, mengembangkan diri, serta membangun bangsa. dan sebuah kemauan untuk membagikan semangat tersebut kepada generasi berikutnya.

Pasar Kebon Dalem

4-mei-2009-040

Disinilah terminal Bus Purwokerto pertama kali berdiri, dahulu disini adalah pusat utama perdagangan, transportasi, dan aktifitas warga Purwokerto-Banyumas.

Tugu Pembangunan

4-mei-2009-035

Sebuah tugu yang berdiri dikawasan yang cukup elite di Purwokerto, yaitu Kantor Polwil Banyumas, Polres Purwokerto, SMUN 1 Purwokero, Rumah Dinas Bupati Banyumas, Bank Indonesia.

Stadion SATRIA

4-mei-2009-042

Stadion yang merupakan pusat olahraga warga Purwokerto, kalau Jakarta Punya Gelora Bungkarno, maka Purwokerto punya GOR Satria.

Rumah Dinas Bupati

4-mei-2009-038

Sebuah bangunan yang kuno dan bersejahra, sudah banyak pribadi yang menjadi Bupati di Banyumas, tinggal disini. saat ini Kabupaten Banyumas telah berusia 427 tahun.

Tugu Kereta Api

4-mei-2009-022

Sebuah koleksi dari sejarah Perkereta Apian di Purwokerto-Banyumas, yang terletak dikawasan Stasiun Timur – Jl. Jendral Sudirman dan Jl. Merdeka, sebuah stasiun yang saat ini hanya dikuhusukan untuk bongkar muat pupuk, dan semen, dahulu lokomotif kereta api ini pernah menjadi lokomotif utama transportasi di Purwokerto-Banyumas.

Monumen Gatot Subroto

6-mei-2009-009

Sebuah monumen yang akan menyambut anda, ketika anda memasuki gerbang kota Perwokerto, dari arah Timur seperti Yogyakarta, Purbalingga, dll.

14 Tanggapan to “PURWOKERTO’s LANDMARK”

  1. senjata2004 Juni 10, 2009 pada 5:08 am #

    bagus kiye artikel e ning kok ora tuntas ngupase yah ….

  2. wahyu Juni 21, 2009 pada 4:09 am #

    Rumah Tinggal Bupati Banyumas dahulunya merupakan Rumah Pembantu Gubernur atau Residen….Bung Karno pernah beristirahat di sini dan terdapat hewan rusa yang berkeliaran di depan rumah pada jamannya…

  3. wahyu Juni 21, 2009 pada 4:12 am #

    terminal Purwokerto atau koplak bis sebetulnya pertama kali di pasar wage lama sebelah barat klenteng…..dan depan pasar wage lama terdapat stasiun kecil kereta api ke banjarnegara…. Coba kalau stasiun timur di depan PJKA barat RRI tidak jadi dijual ruko wah bisa jadi tempat restoran jaman dahulu ditata rapi bernuansa sejarah tetapi rumah makan modern….ada musik dsb..tapi sayang jadi ruko-ruko..

  4. wahyu Juni 21, 2009 pada 4:15 am #

    Tentang stadion Purwokerto pertama kali Stadion Widodo di utara SGO atau SMA 4 dan utaranya lagi terdapat Kebun Binatang Purwokerto dahulu….

  5. Ana Juni 25, 2009 pada 7:00 am #

    apik-apik, dibahas juga dong masalah binis yang berkembang di purwokerto
    dan makanan khas pwt juga diliput donk

  6. Eyang Nardi Agustus 1, 2009 pada 12:29 am #

    Salut buat mas Wahyu, atas inisiatifnya untuk memperkenalkan pernik-pernik Purwokerto dan sekitarnya. Namun kiranya narasumber perlu diperhatikan, sehingga informasinya valid dan akurat. Kapan-kapan kita dapat gendu-gendu rasa di Griya NEKULA. Matur nuwun. Kelilan.

  7. pwt_oke Agustus 20, 2009 pada 9:27 am #

    mas blog nya tak sisipin di http://www.banyumasnews.com
    ayukk para bloger purwokerto dan sekitarnya join aja bareng2

  8. BURHAN September 18, 2009 pada 5:49 pm #

    KANGEN JUGA EH SAMA SPN PURWOKERTO DAN TEMPENYA EH…ENAK SEKALI, JUGA TAK LUPA PASAR WAGE SELALU SETIA MENEMANI

  9. sugihduwit September 22, 2009 pada 1:42 am #

    Di akeh sing dikupas ben tambah gamblang, purwokerto ben gampang dikenal lan sing pada kangen sithik kaobatan

  10. Qio Oktober 3, 2009 pada 2:30 pm #

    kie blog apik ning nangapa batu raden ora di bahas?

  11. wahyu hidayatulloh November 22, 2009 pada 1:55 am #

    Setunggal :Mung urun saran kye jajal purwokerto digawe Taman Mini Purwokerto Indah,ana Museum atawa sejarahe perubahane tekan siki,hiburane go bocah-bocah atawa sing pada butuh Refresing
    Kalih :dukungane go wara wiri dalane tah wis apik tapi ya sing berkualitas awet kaya luar negeri tuli maen pisan.

  12. Zakin November 22, 2009 pada 9:57 am #

    Sampun sae.. terus tingkatken… kula ya rumangsa kepenak

  13. sigit Maret 21, 2010 pada 8:35 am #

    mengenai jalur kereta api antara st.purwokerto ke wonosobo ada wacana dihidupkan kembali.jalur yang masih tersisa saat ini salah satunya jalur antara st. besar pwkerto sd. st. purwokerto timur spanjang 2 km.jalur ini terakhir beroperasi sekitar tahun 1985.

  14. Novy ER Mei 17, 2010 pada 7:20 am #

    Ayo rekan2 yang baik… Bisa kerja sama di bidang LAYANAN PERJALANAN WISATA dalam wisata VILLA & PENGINAPAN serta wisata PRODUCT KHAS, klik aja :
    1. http://novavilla.wordpress.com/ dan http://villanova32.blogspot.com/ untuk informasi villa dan penginapan sederhana yang Insya Allah barokah. Serta product minuman Sari Apel Jawara yang tiada bandingan lezatnya…….

    2. http://villanova32.multiply.com/ untuk informasi Villa Nova Songgoriti dan product serta wisata-wisata menarik seputar Malang Raya.

    3. http://centralindustriagro.wordpress.com/ untuk informasi minuman Sari Buah Pepino, Naga dan Mengkudu Laos. Mengajak Anda menjadi distributor, agen, maupun pengecer di seluruh kota se-Indonesia.

    Informasi villa dan penginapan sederhana yang nyaman ini asyik buat berlibur sembari menikmati product-product unggulan kami. Sari Apel Jawara, Pepino dan lain-lain bisa untuk oleh-oleh khas, pernikahan, tunangan, syukuran, meeting, dan lain-lain…… Anda juga kami ajak bergabung menjadi mitra kerja kami,

    Terima Kasih,

    (Management IT Blog/ Writer / Marketing Internet)

    NOVY ER +628123368731 ( NO SERVE SMS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: